My Ping in TotalPing.com

Jumat, 02 November 2012

15 Perintah Shorcut (Cara Cepat) Keyboard pada Komputer


Dalam artikel (tulisan) ini akan menginformasikan tentang perintah-perintah dalam komputer/laptop yang dapat mempermudah kita. Perintah shortcut ini tentu menawarkan kepraktisan seperti yang kebanyakan dari kita mengetahui, dengan menekan tombol
Control (Ctrl) + tombol P pada keyboard digunakan untuk memunculkan perintah Print cepat.
shorcut keyboard 300x300 15 Perintah Shorcut (Cara Cepat) Keyboard pada Komputer
Bagi orang/pekerja yang membutuhkan kemudahan dan kepraktisan, alternatif perintah shortcut ini pasti sudah tidak asing lagi. Perintah-perintah ini tidak hanya digunakan untuk tampilan pada komputer/laptop tetapi juga pada tampilan browser yang kita gunakan untuk menjelajah internet. Sebenarnya perintah shortcut seperti ini banyak sekali dan banyak yang tidak umum akan tetapi kali ini hanya akan di-share beberapa saja. Selamat mencoba! Dan inilah caranya :

*Menambah/menyimpan sebuah Bookmark
Ketika sedang menggunakan sebuah browser, dapat dengan mudah menyimpan sebuah halaman web tersebut sebagai bookmark hanya dengan memencet tombol berikut ini.
PC : Ctrl + D
Mac : Command/tombol Apple + D
jika ingin menyimpan halaman web bukan sebagai bookmark akan tetapi sebagai koleksi supaya dapat dibuka kembali walaupun sedang tidak mengakses internet, tentu dengan perintah Ctrl + S pada PC.
*Hapus File/Folder Permanen
Ketika anda ingin menghapus sebuah file secara permanen tanpa dibuang dulu ke Recycle bin. Bisa dengan menekan tombol dibawah ini.
PC: Shift + Delete pada file/folder
*Menutup Browser Anda
Untuk menutup browser anda dengan cepat ketika ada hal-hal yang tidak terduga atau supaya tidak ingin diketahui oleh orang lain, ada cara yang cepat untuk melakukannya dengan.
PC: Alt + F4
Mac: Ctrl + Q
*Menunjukkan Desktop
Desktop adalah halaman utama dalam komputer anda yaitu window yang berisi shortcut icon, taskbar dan start menu. Ketika anda sedang membuka banyak program/dokumen dan ingin cepat melihat tampilan desktop/halaman utama komputer tanpa harus menutup/minimize satu per satu program/dokumen anda bisa dilakukan dengan cara.
PC : tombol Window +D
Mac : F11
*Mencari file atau folder
Ketika anda ingin mencari sebuah file/folder saat lupa dimana tempat menyimpannya, hal ini dapat membantu anda dengan mudah menampilkan perintah Find.
PC : tombol Window + F
Mac : Command + F
*Mengubah ukuran tampilan (zoom)
Pada halaman web atau di sebuah program untuk mengetik, anda dapat mengubah ukuran tampilan anda sesuai dengan yang diinginkan dengan cara.
PC : Ctrl + gulir tombol roda mouse anda
Mac : Command + tanda plus ; Command + tanda minus
*Membuka tab browser (yang baru tertutup)
Ketika dengan tidak sengaja menutup tab browser atau ingin melihat kembali tab tersebut pada halaman browser, dapat menggunakan perintah ini.
PC : Ctrl + Shift + T
Mac : Command +Z
*Pindah diantara program yang berjalan
Mengatur semua program yang sedang dibuka secara bersamaan akan membuat kita bingung. Permudahlah untuk pindah-pindah diantara semua program anda dengan trik cepat ini.
PC : Alt + Tab
Mac : Command + Tab
*Mengambil foto/gambar (screen shoot) dari tampilan layar
Untuk mengambil sebuah foto/gambar dari tampilan layar komputer anda pada program/dokumen apapun yang sedang dibuka sehingga anda bisa dengan mudah meng-copy atau meng-paste nya. Gunakanlah perintah ini.
PC : Print Screen ( kemudian paste [Ctrl+V] di sebuah halaman word document)
Mac : Command +Shift +3
*Refresh sebuah halaman web
Baik anda sedang menunggu sebuah email baru atau sebuah berita yang terbaru untuk ditampilkan di sebuah halaman web, cobalah meng-refresh halaman anda dengan mudah menggunakan tombol dibawah ini.
PC: F5, atau Ctrl + R
Mac: Command+ R
perintah shortcut 300x300 15 Perintah Shorcut (Cara Cepat) Keyboard pada Komputer

*Kembali ke halaman sebelumnya di browser
Shortcut dibawah ini dapat dengan cepat dapat melihat kembali halaman web yang anda buka sebelumnya.
PC : Alt + panah arah kiri atau tekan backspace; jika ingin maju kembali Alt + panah arah kanan
Mac : Command + [
*Memperbaiki Ejaaan Kata
Ketika sedang bekerja pada word document dan ingin mengoreksi apabila terdapat kesalahan dalam menulis baik itu ejaan yang sempurna dan kata yang tepat hanya kurang satu huruf saja. Dapat dengan menggunakan perintah.
PC atau Mac : F7
*Menambahkan “http://www” kedalam address bar di browser
Cara tercepat untuk menuju alamat online anda adalah dengan mengetik nama alamat yang akan kita tuju sepert (ketik “Google” ), kemudian tekan tombol-tombol berikut ini untuk menambahkan “http://www” ke awalnya dan “.com “ ke bagian belakangnya.
PC : Ctrl + Enter
Mac : Command+ Enter
*Memilih Address Bar
Ketika anda ingin cepat-cepat mengetik sebuah alamat URL yang baru di browser anda, shortcut di bawah ini akan memudahkan anda meng-highlight address bar untuk anda, jadi anda bisa memulai mengetik alamatnya tanpa harus mengerakkan mouse anda terlebih dahulu.
PC : Ctrl + L, atau F6
Mac: Command + L
*Tampilkan Windows start menu
Perintah shortcut yang paling mudah. Hanya dengan menekan tombol ini anda akan dengan mudah dapat melihat tampilan pilihan Start menu anda .
PC : tombol Window, atau Ctrl + Esc
Sumber ; http://tinarbuka-aw.students-blog.undip.ac.id

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...